Jumat, Oktober 16, 2009

Ternyata enak juga tanpa asisten

Hahaha...judulnya kenapa begitu? Baca aja dulu... Kali ini aku ingin cerita tentang keseharianku setelah kuputuskan sebaiknya tidak menggunakan jasa pembantu rumah tangga lagi alias asisten..

Awalnya sewaktu pindah ke Jakarta kami tinggal di rumah ibu di bilangan Cempaka Putih. Waktu itu Bintang masih bayi 8 bulan jadi kami pun mencari pembantu rumah tangga untuk beberes di rumah. Setelah sekali ganti, akhirnya dapatlah seorang bocah cilik asal kota kecil di Jawa Barat berusia 15 th yang berbadan gemuk untuk membantu teteh yang asistennya ibuku. Kasihan juga sebenarnya kok masih kecil dah disuruh kerja. Tapi keluarganya miskin dan ia punya 6 adik yang juga butuh makan, ya sudahlah..diterima wae.

Namanya anak ga pernah kerja, segala macem masih harus diajari. Untungnya ada si Teteh yang ngemong. Teteh sendiri akhirnya dipanggil Bibik aja karena doi sudah tua lho, jadinya aneh anak kecil panggil nenek2 dengan sebutan teteh.. Teruslah dia ikut kami sampai pindah di Tangerang ini, walaupun awalnya males2an karena jadi jauh dengan kerabatnya yang tinggal di tetangga ibuku..

Setelah 4 tahun, mulailah dia memasuki masa puber.. Kerja pun ga pernah jauh dari HP, kadang kepikir juga, awas aja itu HP kecemplung ke sayur...
Kelihatannya dia ingin dekat saudara2nya, tapi dasarnya ga paham diajari unggah ungguh etika jadinya habis lebaran bablas aja ga ada kabar beritanya. Padahal kalo dia pamit baik2 pun akan kami izinkan, lha buat apa nahan2 orang supaya mau tetap kerja sama kita.. Iya khan? Walaupun sudah ikut kami 4 tahun, tapi ya gitu deh ...ndak perlu kecewa..

Lalu kami cari yang kerja harian.. Rajin sih dan jujur, tapi dia sudah kerja juga dengan orang lain jadi jadual ke rumah mulai jam 10-15 siang.. Kendalanya karena anaknya empat dan yang kecil baru 1 tahunan, jadi pernah juga ga masuk karena anak yang paling kecil nangis terus dan pernah juga sekali karena yang nomer tiga ngambek ga mau sekolah...jadinya dia mengundurkan diri karena ga tega ninggalin anknya. Wah gimana ya...kok aku jadi puyeng..

Saat dia ga masuk tanpa pemberitahuan itu, aku mengerjakan semuanya mulai dari ke pasar, masak, bebersih rumah dan dapur, mencuci n nyetrika, antar jemput anak2, memeriksa pe-er, dan pelajaran...weleh2 pokoke semuanya deh.. Udah deh, kalo lagi gini ga usah mikirin titel ato kuku entar rusak ato apalah.. Yang penting semua bisa selesai.. Setelah itu si mpok datang lagi minta pengaturan waktu, tapi karena aku ingin coba bekerja sendiri di rumah aku minta dia datang seminggu sekali saja untuk bantu-bantu hanya di saat aku sibuk.

Ternyata ya alhamdulillah, bisa juga ya... Malah ada sisa waktu buat ngeblog dan fb tanpa rasa bersalah karena pekerjaan sudah selesai. Horee.. Untungnya anak2 sudah SD, ga kebayang kalo masih ada bayi pasti nyari asisten juga hehehe..

2 komentar:

  1. setujuuu...!! *berkhayal..,misalkan tiba2 aja swami kita harus kerja/skul ke LN gmn..? disana kan maid g semudah & semurah di Indonesia, sementara biaya hidup disana aja udah mahal, naah...kita yg udah terbiasa dgn para maid ky nya bakalan shock, stress & mungkin panas dingin..jd kl anak2 kita udah bisa mandiri & g tll perlu maid ky nya emang harus dihilangkan ketergantungan kita sm maid. Alhamdulillah aku yg dulu nya stress kl maid (yg nginep) pulang kampung ato g balik lg ke rumah, skrg udah agak santai menghadapi nya..meskipun skrg masih pk mpok (yg pulang hari) tp paling gak sudah mengurangi..bantu2 cuci + gosok kan biasa yaa..jd untuk ibu2 ky nya emang perlu sedikit mengurangi ketergantungan kita sm maid nih..

    BalasHapus
  2. Akur deh bu Ano... hehe.. Emang mestinya ibu-ibu bisa mandiri mengurus rumah asal punya kemauan belajar pasti bissa..

    BalasHapus