Minggu, September 15, 2013

Panggilan (Haji) lagi

Assalamualaikum semua,

Saat-saat ini kloter awal jemaah haji mulai berangkat ke tanah suci. Dari Indonesia langsung ke Madinah..
Entah kenapa, setiap terdengar kata Haji, Mekkah dan Madinah rasanya seperti ada yang berdesir di dalam hati.. Seperti kesetrum, dan ingatan langsung terbawa pada suasana Haji..
Begitu cepatnya, dengan mendengar tiga kata itu saja, bayangan aktivitas selama menunaikan ibadah haji dua tahun lalu langsung keluar begitu saja... Subhanallah, betapa dahsyatnya jejak memori yang ditanamkan Allah pada setiap hambanya yang menunaikan ibadah haji ..

Kalau kita pergi melakukan perjalanan keluar negeri atau wisata ke tempat-tempat terindah di dunia... Kita mengagumi bangunan atau tempat yang ada dan berhitung atas semua harga yang kita bayar.. Oh, kalau kesini naik ini, nginep di sini...terus jalan-jalannya kesini...yaa worthed laah ya.. Kalau ga sesuai, hmmm.. langsung komplain dan ngomel ....gitu kali ya..

Tapi, kalau perjalanan haji ,... LAIN  banget !
Pesawat delay, sabar.. ya tiduran aja dulu.. Makanan terlambat, sabar.. ya makan roti atau apalah yang penting ada buat ngeganjel perut.. Kamar mandi antri, sabar.. zikir aja dulu.. ntar juga yang di dalem keluar... hehehe.. dibawa santai aja..

Walaupun ada protes, tapi ga pakai marah dan berdebat. Cuma menyampaikan keluhan saja, tapi ga pake melotot.. Seperti pernah di pemondokan kami jendelanya ga bisa dibuka, ya disampaikan saja ke pengurus maktab, tapi ga dipikirin gimana hasilnya.
Semua bener-bener dipasrahkan sama Allah SWT... dan memang selalu ada jalan keluarnya, selalu ada hikmahnya juga.. Misalnya si jendela itu, akhirnya bisa dibuka juga dan sebentar kami merasa lega.. horeee kamar ga pengap lagi karena udara AC teruus menerus,...eehhh ternyata memang di Mekkah jendela ga bisa sering dibuka, karena burung Merpati banyaaaak banget... yang suka mau masuk aja ke dalam kamar. Jadiii ? Ya ditutup lagi dehh..
Hal-hal semacam itu, saat memasrahkan segala urusan sama Allah, dan dikasih solusi tanpa banyak  ruwet mikirnya itu yang bikin kangen..

Kalau pergi ke suatu tempat yang biayanya gratis gimana, kan ga usah hitung-hitungan ? ... Iya juga ya, tinggal mengagumi jejak peninggalan manusia di tempat itu, lalu foto sana sini dengan latar belakang lokasi .. buat bukti sudah kesitu.. hehehe..

Tetep aja kalau pergi haji bedaa ! Karena hampir di setiap tempat kita melantunkan zikir.. Pergi ke toko di bawah hotel, zikir. Beli pulsa..zikir. Mau belanja, salah masuk masjid, sendirian ke toilet pas sepi....zikiirnya tambah kenceng. Kemana-mana selalu berdoa mohon perlindungan. Di lokasi ziarah mana saja kita berdoa. Apalagi saat wukuf di Arafah dan Mina, di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi..  terngiang lagi semua dialog, semua permintaan, dan setiap tetes airmata... ahh semuanya
terasa begitu indah.. Ga bisa dijelaskan dengan kata-kata... Teman-teman mesti ngerasain sendiri, mengalami semua penderitaan, kelelahan, haus dan lapar... Sekaligus merasakan pertolongan dan kasih sayang Allah pada kita hambaNya..
Perasaan bahwa Allah itu begitu dekat dengan kita...begitu sayang..
Perasaan itu yang bikin kangeeen...
karena di tanah air tantangan hidup cukup banyaak, kadang membuat kita terlempar menjauh dari lintasan thawaf batiniah..

Bener deh teman-teman, jamuan Ilahi itu nikmatnya tiada tara.
Mari diNiatkan dan diusahakan.. Berhaji selagi muda itu banyak untungnya. Salah satunya, ya itu tadi... ada panggilan 'setruman' setiap tahun, dan kalau masih muda kan bisa lebih banyak.. Insya Allah ya.. Mudah-mudahan kita semua diingatkan untuk bisa istiqamah... aaamiin..

                                              biar ga bosen ngantri, foto-foto duluu.. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar